Keutamaan Menuntut Ilmu

Pengertian ilmu menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah pengetahuan tentang suatu bidang yang disusun secara sistematis berdasarkan metode tertentu yang berfungsi untuk menerangkan gejala tertentu di bidang ilmu pengetahuan itu. Sedangkan menurut ulama pakar ushul, ilmu adalah keyakinan yang mantap dan sesuai dengan kenyataan, serta diperoleh dari sebuah dalil atau petuntuk.

Dasar kewajiban menuntut ilmu

Nabi Muhamad saw. bersabda :

“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim”.

Berdasarkan hadits di atas jelaslah bahwa menuntut ilmu merupakan kewajiban setiap individu. Namun harus diketahui, bahwa setiap muslim baik laki-laki maupun perempuan tidak diwajibkan mempelajari semua ilmu. Tetapi yang diwajibkan adalah menuntut ilmu tauhid dan ilmu fiqih yang berkaitan dengan kewajiban invidu di dalam semua keadaan. Ilmu tauhid adalah ilmu yang membahas tentang keyakinan dan ilmu fiqih adalah ilmu yang membahas tentang tatacara amal. Artinya ilmu itu terbagi menjadi dua. Ada ilmu pokok dan juga ada ilmu cabang. Ilmu yang pokok mutlak setiap orang wajib menuntutnya sendiri tidak bisa diwakilkan kepada orang lain. Sedangkan ilmu cabang bisa dituntut oleh sendiri maupun diwakilkan kepada orang lain namun tetap wajib dipelajari, karena jika tidak ada yang mempelajarinya maka semua berdosa.

Jadi, dalam urutan menuntut ilmu, terlebih dahulu kita harus mempelajari tentang keyakinan dan tatacara pelaksanaan ibadah yang fardu seperti salat, zakat, puasa dan ibadah haji. Nah setelah itu baru menuntut ilmu yang lain.

ketutamaan ilmu

Keutamaan ilmu

Mengapa kita harus menuntut ilmu, terutama ilmu agama? Karena ilmu itu memiliki keutamaan yang tinggi dibandingkan dengan yang lain. Inilah beberapa keutamaan ilmu yang harus kita ketahui dan pahami.

1. Ilmu pembeda antara manusia dan binatang

Kemuliaan ilmu tentu sudah jelas bagi siapa pun, karena ilmu adalah keistimewaan manusia. Mengingat semua sifat selain ilmu, sama-sama dimiliki manusia dan binatang, seperti keberanian, kekuatan, murah hati, kasih sayang, dan lain sebagainya.

2. Ilmu meninggikan derajat

Dengan ilmu, Allah swt. menunjukan keunggulan dan keutamaan Nabi Adam a.s. atas para malaikat. Sedangkan malaikat itu adalah salah satu makhluk Allah yang mulia, taat terhadap perintah Allah dan selalu bertasbih kepada-Nya. Sebagaimana firman Allah di dalam surat Al-Baqarah ayat 31 :

“Dan Dia (Allah) mengajarkan kepada Adam nama-nama (benda) semuanya, kemudia Dia perlihatkan kepada para malaikat, seraya berfirman, “Sebutkan kepada-Ku nama semua (benda) ini, jika kalian yang benar”.

Dan Allah memerintahkan para malaikat bersujud kepada adam. Maksud sujud di sana bukan sujud menempelkan dahi di tanah, tetapi ia adalah bentuk penghormatan dan pemuliaan, demi mengagungkan dan mengakui keutamaan dan keunggulan Adam serta sebagai permintaan maaf atas apa yang mereka lakukan terkait Adam.

3. Ilmu pengantar ketakwaan kepada Allah

Ketakwaan merupakan perbuatan yang paling mulia dan dibanggakan oleh Allah swt. Takwa adalah melaksanakan perintah Allah dan menjauhi laragan-Nya baik yang nyata maupun yang tidak nyata disertai dengan rasa pengagungan dan takut kepad-Nya. Dan ia juga merupakan pokok segala kebaikan duni dan akhirat. Dengan ilmu lah ketakwaan bisa diraih, karena tidak bisa dilakukan tanpa ilmu. Jadi pengantar takwa itu harus mengatahui dulu ilmunya.

Sebetulnya sangat banyak keutamaan tentang ilmu baik di dalam Al-Qur’an maupun Hadits. Namun poin di atas juga sudah sangat cukup untuk dijadikan motivasi bagi kita agar selalu menuntut ilmu, terutama ilmu agama.

Sumber : Kitab Ta’lim Muta’allim

Comments Keutamaan Menuntut Ilmu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *